close

Sunday 22 September 2013

Bencana Terus Membayangi Blackberry

Bencana besar yang selama ini membayangi BlackBerry Ltd semakin menjadi setelah pihaknya menghentikan perdagangan sahamnya pada perdagangan saham hari Jumat dengan berita yang tidak begitu mengejutkan karena sudah diprediksi sebelumnya.

Blackberry mengumumkan akan melaporkan kerugian operasional kuartalannya yang cukup besar pada minggu yang akan datang dan juga akan memotong lebih dari sepertiga tenaga kerja yang dimiliki Blackberry di seluruh dunia. Pengumuman ini semakin menguatkan kekhawatiran akan bangkrutnya perusahaan yang menjadi pioneer smartphone ini.

Pengumuman yang membuat harga sahamnya di bursa saham Amerika itu jatuh terguling-guling yaitu dimana perusahaan akan melaporkan rugi bersih sebesar $ 950 juta untuk kuartal terakhir dan juga kepastian akan merumahkan 4.500 karyawannya. Ketika pengurangan tenaga kerja itu terjadi sisa tenaga kerja yang dimiliki Blackberry hanya sekitar 7000 tenaga kerja saja.

Blackberry memberhentikan karyawannya tersebut sebagai tindakan perusahaan tersebut untuk mengurangi biaya setidaknya 50 % sampai 2015 nanti. Pendapatan Blackberry 2 kuartal terakhir telah terbang $3 miliar dengan kerugian kuartal terakhir sekitar $ 63.000.000.

Pendapatan BlackBerry untuk kuartal kedua tahun 2013 adalah $ 1,6 miliar, turun dari $ 3,1 miliar pada kuartal pertama . BlackBerry memperkirakan bahwa hampir setengah dari pendapatan berasal dari jasa dan bukan dari divisi perangkat keras . BlackBerry mengatakan bahwa jumlah total uang tunai yang tersisa adalah $ 2.6 milyar. Untuk penjualan smartphonenya pada kuartal terakhir hanya 3,7 juta unit dan itupun sebagian besar produk yang sudah tua.


Berita bencana ini muncul dua hari setelah BlackBerry mengumumkan akan melaunching smartphone andalan baru mereka yaitu BlackBerry Z30. Kejayaan Blackberry memang sudah tenggelam, smartphone yang pernah diangkat presiden Amerika Obama ini akhirnya kalah dengan munculnya produk Apple dan juga Android. Pada akhir perdagangan saham dini hari tadi, Blackberry anjlok 17 persen ke posisi $ 8,73

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates